Langsung ke konten utama

Rekomendasi Les TPA Bappenas

Apa itu TPA Bappenas dan Persyaratannya TPA Bappenas adalah jenis tes potensi akademik (TPA) yang dikembangkan Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hasil TPA Bappenas digunakan berbagai institusi pendidikan dan perusahaan sebagai standar seleksi masuk. Les TPA Bappenas Zona Belajar Indonesia adalah lembaga pendidikan yang sudah dikenal terbaik menyediakan  les TPA Bappenas  juga les TOEFL. TPA  atau Tes Potensi Akademik merupakan tes psikologi untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang. Selain dilaksanakan offline, ternyata tes ini juga dilakukan online. Maka, tips mengerjakan tes TPA online penting diketahui. TPA hadir dengan jenis soal yang berbeda. Ada jenis soal verbal, logika, angka, dan juga gambar. Di mana, untuk nilainya sendiri memiliki rentang 200 sampai 800. Mencapai nilai maksimal seperti itu, tentu tidak mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah tips untuk belajar TPA dan mendapatkan nilai maksimal. Tips Menger

Lowongan Kerja di Jakarta Tangerang

Lowongan Kerja di Jakarta Tangerang dan Bekasi


Siapa nih yang sedang cari pekerjaan, tentunya besar harapan kita agar semua dilancarkan segera mendapatkan pekerjaan. Saat mencari pekerjaan tentunya menjumpai berbagai tahapan, salah satunya adalah tes psikologi atau psikotes.

biro psikologi
Assessment Indonesia

Pengertian Psikotes – Seperti yang telah Anda ketahuinya, bahwa psikotes merupakan sebuah tes yang digunakan oleh salah satu perusahaan, maupun jenjang perkuliahan dalam mengukur seseorang untuk bisa atau layak bekerja dan kuliah di sebuah perusahaan serta universitas. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya psikotes sendiri?

Berikut ini telah disajikan beberapa penjelasan terkait psikotes. Diantaranya mencakup pengertian psikotes, manfaat yang bisa Anda peroleh, hingga tips untuk bisa lolos psikotes. Penasaran, apa saja? Yuk, ketahui pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini bisa berbentuk tulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Dimana, tujuan dilakukan tes tersebut yaitu untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor pendukung lainnya.

Termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian serta intelegensi. Jadi sederhananya, psikotes merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan guna mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitif, kondisi emosi, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut. Sehingga di dalam psikotes, kemampuan yang diukur tidak hanya mengenai IQ seseorang saja.

Pengertian Psikotes Menurut Ahli
Terdapat beberapa pengertian menurut para ahli yang wajib Anda ketahuinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menurut Daulay (2014) ; salah satu cara untuk bisa mengetahui kompetensi individu dan dalam rangka memecahkan masalah individu baik menyangkut masalah pribadi, belajar, sosial, bisa dilakukan dengan cara tes psikotes. Dimana, psikotes sudah banyak dipakai dalam berbagai kehidupan sekarang ini, mencakup bidang pendidikan, bidang sosial, atau bidang Industri.
  • Menurut Anastasi (2016) ; psikotes didefinisikan sebagai A Psychological Test Is Essentially An Objective And Standardized Measure Of A Sample Of Behavior. Dimana, dalam definisi tersebut menjelaskan bahwa esensi dari psikotes yaitu penentuan yang objektif dan terstandarisasi terhadap sampel tingkah laku. Pada dasarnya psikotes adalah kumpulan pertanyaan yang wajib dijawab atau tugas-tugas yang wajib dikerjakan yang akan memberikan informasi tentang psikologis tertentu berdasarkan dari jawaban terhadap pertanyaan atau cara subjek melakukan tugas tertentu.
  • Chaplin (Kamus Psikologi) ; Pengertian psikotes adalah teknik untuk mempelajari kepribadian. Tujuannya yaitu untuk menentukan sifat yang mendasarinya, terutamanya sifat yang menentukan kecenderungan seseorang pada penyakit mental.

Manfaat Psikotes
Setelah Anda mengetahui pengertian psikotes, terdapat pula manfaat yang bisa Anda peroleh dari psikotes ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui Sifat Kepribadian ; Tes psikotes memiliki manfaat untuk mengetahui kepribadian yang belum pernah diketahui pada diri seseorang. Hal itu dikarenakan untuk mengetahuinya sebuah kepribadian dari seseorang akan sulit dilakukan baik pada saat wawancara maupun kegiatan pengamatan yang lainnya. Dengan melakukan tes psikotes tersebut, maka kepribadian seseorang akan dapat lebih mudah untuk diukurnya.
  • Lebih Mudah Mengetahui Psikodinamika ; Psikodinamika merupakan teori psikologi atau teori kepribadian yang mampu menganalisis dasar-dasar kepribadian seseorang secara tepat. Psikodinamika ini meliputi penelitian yang berporos tak hanya seputar kepribadian seseorang. Hal itu juga mencakup perasaan dan emosi khususnya di dalam menghadapi suatu masalah maupun tantangan. Psikodinamika dari seseorang bisa lebih mudah untuk diketahui, tentunya dengan cara menggunakan soal berbentuk pelaksanaan tes psikotes.
  • Mengetahui Kondisi Kejiwaan Dari Seseorang ; Tes psikotes bertujuan untuk mengetahui kondisi kejiwaan dari seseorang. Dimana seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan maupun tidaknya dapat secara lebih mudah diketahuinya melalui proses pelaksanaan tes psikotes.
  • Sebagai Tolak Ukur Kecerdasan ; Bentuk kecerdasan yang bisa diukur melalui psikotes. Dimana, psikotes sendiri yaitu kecerdasan intelegensi (IQ) dan kecerdasan emosional dan spiritual (EQ). Hal itu disebabkan oleh sejumlah kasus, seorang kandidat yang nantinya akan menjadi karyawan diharapkan mempunyai aduan kecerdasan intelegensi dan emosi yang seimbang.

Tingkat IQ tertentu diperlukan seseorang dalam melakukan pekerjaan dan memecahkan masalah yang mungkin saja akan dihadapinya. Akan tetapi, disisi lain EQ juga sangat penting sebab ada sejumlah kasus, seorang karyawan harus dapat untuk berdiplomasi, negosiasi, delegasi pekerjaan dan mengambil keputusan.

Dalam hal itu, dengan adanya tes psikotes akan dapat membantu recruiter untuk mengetahui paduan tingkat IQ dan EQ seseorang. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana performa kandidat itu nantinya di tempat kerja.

Salah satu penyedia layanan Tes Psikologi terbaik adalah Assessment Indonesia. Vendor psikotes yang sudah memiliki izin praktek aktif, jenis psikotes bervariasi. Harga sangat terjangkau, bahkan tersedia jasa psikotes online. Sebagai persiapan mencari kerja sangat juga disarankan mencoba latihan psikotes, tujuannya agar lancar melewati tahapan proses dalam perekrutan nanti.

Assessment Indonesia
Biro Psikologi Terbaik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Asertif

Assertive Communication Sungkan, sering terjadi saat kita akan merasa tidak enak saat hendak mengucapkan suatu pendapat kepada rekan kerja atau tim saat sedang meeting. Apa lagi rasa tidak enak tersebut muncul karena kosa kata kita kurang baik. Takut menyakiti perasaan orang lain atau bahkan menghakiminya secara tidak langsung. Nah, permasalahan ini pun dapat diatasi dengan baik lewat skill komunikasi asertif. Dalam kemampuan berkomunikasi dengan penuh percaya diri merupakan kebutuhan yang menjadi modal dasar setiap individu dalam organisasi, perusahaan atau bisnis di masa kini. Pencapaian target kerja individu atau organisasi secara efektif sangat mempengaruhi secara signifikan oleh kemampuan komunikasi yang penuh percaya diri dan juga sering disebut dengan komunikasi Asertif. Pada komunikasi dikenal dengan komunikasi asertif, Assertive itu sama dengan tegas dan tidak mengorbankan hak-hak pribadi dan tetap menghormati hak orang lain terutama hak untuk tidak dipermalukan. Seseorang yan

Rekomendasi Wisata Alam Tangerang

Wisata Alam Tangerang Tempat "Healing Tanpa Pening" yang berlokasi di Tangerang Selatan. Berdiri pada tahun 2007 Lubana Sengkol tidak hanya sekedar menjadi tempat pemancingan namun berkembang menjadi sebuah resto wisata keluarga yang memiliki masakan citarasa khas lampung, sunda dan Nusantara yang cocok bagi semua kalangan, dilengkapi juga dengan saung-saung restoran dengan bermacam kapasitas yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti meeting, gathering, ulang tahun, arisan, pengajian, camping, event perusahaan, bahkan untuk acara pernikahan. Rekomendasi Wisata Alam Tangerang Dengan luas +/- 10 hektar saat ini Lubana Sengkol telah menjadi destinasi rekreasi favorit karena selain restoran terdapat pula fasilitas “one stop family recreation” seperti kolam renang waterplay yang dilengkapi dengan wahana dan party foam, pemancingan monster fish (ikan predator & eksotis) untuk memacu adrenalin dan bisa melengkungkan joran anda atau kolam pemancingan kiloan yang lebih san

Rekomendasi Tempat Sewa Bus Medium

Rekomendasi Sewa Elf  Bus Medium Terbaik BlueSea Pariwisata adalah perusahaan jasa transportasi pariwisata, menyewakan armada ELF 15 seat, ELF long 19 seat, Toyota HIACE dan Bus Medium 31 seat dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, melayani penjemputan di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kami kepada customer dengan tarif sewa yang kompetitif, driver ramah dan berpengalaman serta kelayakan armada yang selalu kami perhatikan perawatan dan kebersihannya, sehingga perjalanan Anda nyaman dan berkesan. Segera hubungi kami untuk memastikan ketersediaan armada yang diinginkan sesuai dengan jadwal Anda. Sewa Elf Bus Medium Layanan BlueSea Pariwisata  Antar Jemput Bandara / Stasiun. Wisata Dalam kota seperti ke Ancol, Taman Mini, Ragunan, PIK dan lain-lain. Wisata Luar Kota seperti ke Bogor, Puncak, Anyer, Bandung, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Lombok, Lampung hingga Aceh. Ziarah. Kunjungan Kerja. Drop Jemput Luar Kota, se