Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Microphone Nyetrum

Cara Mengatasi Mikrofon Nyetrum Apakah Anda pernah memiliki pengalaman ini? Anda sedang dalam pertunjukan. Anda mengambil mikrofon atau gitar Anda, memetik beberapa nada, sambil mencoba "cek satu, dua ..." ke mikrofon. Semuanya tampak baik - baik saja, namun sesaat kemudian Anda merasakan kejutan yang kuat dari mikrofon. Mikrofon Nyetrum Jika mikrofon menyetrum Anda, peralatan Anda (seperti ampli atau mixer gitar) kurang tepat pemasangan, saat beroperasi menghantarkan tegangan listrik ke tubuh Anda. Ini memiliki potensi untuk menjadi sangat berbahaya, jadi penting untuk memahami mengapa itu terjadi dan bagaimana memperbaiki masalah ini. Bagaimana mikrofon atau gitar bisa menyetrum Anda? Jika ketika Anda menyentuh mikrofon atau gitar Anda terkena kejutan listrik, ada beberapa hal yang terjadi. Setelah Anda memahami bagaimana pemasangan peralatan yang layak, akan lebih mudah untuk menentukan apa penyebabnya dan bagaimana memperbaikinya. Apakah Mikrofon Anda Rusak? Dalam kebanya

Rekomendasi Jasa Grounding Serang Pandeglang Depok Bogor

Jasa Grounding Serang Pandeglang Depok Bogor


Kota Serang Pandeglang Depok Bogor dan sekitarnya merupakan contoh daerah dengan intensitas curah hujan tertinggi di Jawa Barat. Wilayah tropis dengan curah hujan tinggi tentunya tidak terlepas dari petir.

Seluruh instalasi komplit disebut complete Lightning Protection System solutions (solusi sistem penangkal petir menyeluruh), kalau dipecah terdiri dari :
  • Lightning Rod (penangkap petir). 
  • DC / Down Conductor (Konduktor penghantar ke bawah).
  • Grounding system (Sistem pentanahan).
  • Surge arrestors (Penahan gelombang) atau perangkat pembuang arus tambahan di perangkat elektronik.

SISTEM PROTEKSI PETIR EKSTERNAL
Saat ini, ada 4 mode sistem perlindungan eksternal yang disahkan oleh peraturan :
  • Penangkal petir Franklin. 
  • Kandang Faraday (Faraday Cages). 
  • ESE (Early Streamer Emissions) Penangkal petir Emisi Streamer Awal. 
  • Kabel Overhead. 
Karena kelebihannya sehubungan dengan sistem proteksi eksternal lainnya, penangkal petir ESE (Early Streamer Emission) saat ini menjadi yang paling banyak digunakan, ia memberikan radius proteksi yang lebih besar daripada sistem lain (hingga radius 80m dalam proteksi level I). dan pemasangannya sangat sederhana, karena dalam beberapa kasus, hanya memerlukan konduktor turun untuk mengalirkan arus petir ke sambungan pembumian untuk menghilangkan semua energinya. Konsekuensi dari semua faktor tersebut, pemasangan sistem penangkal petir ESE paling sederhana, mudah, cepat dan memiliki biaya yang sangat rendah jika dibandingkan dengan sistem lain.

DESAIN DAN INSTALASI
Untuk desain sistem proteksi petir yang benar dalam suatu struktur, pertama-tama kita harus melakukan analisis risiko yang sama, untuk menentukan apakah perlindungannya diperlukan. Dalam kasus afirmatif bahwa proteksi petir diperlukan, kita harus menghitung berapa tingkat proteksi terhadap resiko faktor keamanan yang diterapkan pada struktur ini (I, II, III atau IV). 

penangkal petir
Tingkat Proteksi berdasarkan resiko

Setelah tingkat resiko proteksi struktur dihitung, kami akan memilih sistem proteksi petir eksternal yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda di setiap proyek di antara 4 sistem proteksi tersebut.

Misal Ruko jika bersebelahan dengan Depo BBM (Gas Station / Pom Bensin), tentunya berbeda level proteksi dibanding ruko di hunian residensial. Itulah pentingnya langkah awal menganalisa tingkat proteksi. 

Jika sistem proteksi petir eksternal yang dipilih adalah penangkal petir ESE, kami akan menindaklanjuti semua pedoman yang ditetapkan oleh standar internasional (UNE 21186:2011, NFC 17.102:2011, NP 4426:2013)

Pada artikel pemasangan penangkal petir Anda akan menemukan informasi lebih lanjut tentang cara memasang penangkal petir ESE sesuai dengan peraturan yang disebutkan.

Secara garis besar resiko tidak menggunakan grounding dilihat dari 2 Faktor :

Faktor alam ; Untuk wilayah dengan curah hujan tinggi. Sudah tentu sifat dasar petir akan mencari bagian bangunan, tiang, atau pohon yang paling tinggi di radius sekitar area sambaran. Misal di pematang sawah area terbuka, yang ada hanya gubuk, walau gubuk tidak tinggi namun gubuk menjadi paling tinggi di area lahan terbuka tersebut. Resiko keselamatan dan kerusakan peralatan elektronik sudah pasti ada, misal dari pohon yang tersambar petir, ada orang yang sedang berdiri di area terbuka walau berjarak misal 10 meter dari pohon tersebut. Dari rambatan air sebagai konduktor / penghantar dalam tanah akan mengalir ke orang tersebut dan terjadi beda potensial (potential differences).

sambar petir
Sambar Petir

Terdapat beberapa efek berbeda yang dihasilkan sambaran petir, seperti efek termal, fisiologis, elektrodinamik, elektrokimia, dll. Terkait resiko mencolok, kami akan menekankan efek termal dan fisiologis.

Efek termal terjadi karena suhu tinggi yang dicapai oleh saluran yang dilalui arus petir, dapat mencapai hingga 20.000 ° C, yang menyebabkan kerusakan besar ketika sengatan listrik mencapai, misalnya pohon atau benturan pada struktur bangunan.

Di sisi lain, efek fisiologis, terutama mempengaruhi makhluk hidup dan terjadi karena potensial langkah (step potential) dan voltase kontak yang muncul saat petir dilepaskan ke bumi. Untuk mengurangi efek tersebut, peraturan perlindungan terhadap petir menetapkan langkah-langkah keselamatan untuk manusia dan hewan, seperti yang dirancang dalam Lampiran D standar UNE 21186: 2011.

Ada juga peraturan internasional yang mengatur tentang pengaruh arus petir pada tubuh manusia dan ternak (IEC TR 60479-4: 2011). Dan peraturan lainnya, yang menetapkan prosedur keselamatan untuk pengurangan risiko saat kita berada di luar struktur atau bangunan (IEC/TR 62713).

Petir juga memiliki dua efek terkait yang sangat khas, petir yang merupakan efek bercahaya karena sirkulasi arus yang tinggi (hingga 200 kA) dan guntur yang merupakan efek suara karena gelombang ekspansif udara yang dipanaskan di dalam beberapa mikro detik untuk suhu yang sangat tinggi. 

Faktor kedua jarak sumber pembangkit (Gardu Induk hingga ke konsumen) ; semakin jauh jarak kabel distribusi, maka berpotensi tegangan tidak stabil drop atau lebih, juga induksi Neutral. Hal ini bisa mengakibatkan kualitas listrik tidak baik, lalu dampaknya ke keselamatan dan peralatan elektronik juga. Seperti halnya transformer pada perumahan, pabrik maupun peternakan yang jauh dari pusat kota (misal peternakan ayam atau sapi di daerah pegunungan). Jalur Neutral juga diperlakukan berbeda, harus dilakukan bonding terhadap Grounding. Tujuannya jika tegangan tidak stabil melonjak atau ada arus bocor, maka arus lebih tersebut dapat dibuang ke tanah. 

Penekanan terbesar dari ke semua hal di atas adalah Sistem pembumian (grounding system). Grounding merupakan suatu instalasi yang berfungsi untuk melepaskan arus petir ke dalam bumi, salah satu kegunaannya untuk melepas muatan arus petir. Tingkat kehandalan sebuah grounding ada di nilai konduktivitas logam terhadap tanah yang ditancapinya. Semakin konduktif tanah terhadap benda logam, maka semakin baik. Kelayakan grounding harus bisa mendapatkan nilai tahanan sebaran maksimal 5 ohm (PUIL 2000 : 68) dengan menggunakan tools grounding earth tester. Namun untuk daerah yang resistansi jenis tanahnya sangat tinggi, resistansi pembumian total seluruh sistem boleh mencapai 10 ohm (PUIL 2000 : 68).

Aspek yang Memengaruhi Sistem Pembumian (Grounding System) :
Untuk mencapai nilai tahanan sebaran tersebut, tidak semua area bisa terpenuhi karena ada beberapa aspek yang memengaruhinya, yaitu:
Kadar air ; bila air tanah dangkal / penghujan, maka nilai tahanan sebaran mudah didapatkan sebab sela-sela tanah mengandung cukup air bahkan berlebih, sehingga konduktivitas tanah akan semakin baik.
Mineral / garam ; kandungan mineral tanah sangat memengaruhi tahanan sebaran / resistans karena: semakin berlogam dan bermineral tinggi, maka tanah semakin mudah menghantarkan listrik. Daerah pantai kebanyakan memenuhi ciri khas kandungan mineral dan garam tinggi, sehingga tanah sekitar pantai akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan tahanan tanah yang rendah.
Derajat keasaman ; semakin asam (PH rendah atau PH<7) tanah, maka arus listrik semakin mudah dihantarkan. Begitu pula sebaliknya, semakin basa (PH tinggi atau PH >7) tanah, maka arus listrik sulit dihantarkan. Ciri tanah dengan PH tinggi: biasanya berwarna terang, misalnya Bukit Kapur.
Tekstur tanah ; untuk daerah yang bertekstur pasir dan berpori (porous) akan sulit untuk mendapatkan tahanan sebaran yang baik karena jenis tanah seperti ini : air dan mineral akan mudah hanyut dan tanah mudah kering.  

Grounding bukan dijual dengan paketan, misal ada penjual yang bilang : penangkal petir paket rumahan, pabrik dan sebagainya. Banyak penjual yang salah kaprah, hanya tau menjual. Grounding juga bukan model open tender ngadu murah. Pemasangan grounding harus di ukur dahulu nilai tahanan tanah lokasi tersebut, analisa tingkat resiko lokasi tersebut, baru bisa keluar kebutuhan material, lalu menyusul harga. Grounding gak bisa di pukul rata copy paste jadi paket, kondisi tingkat resiko lokasi dan desain struktur serta tanah lokasi berbeda-beda maka butuh perlakuan beda. Jadi bukan terbalik yah keluar paket harga deluan lalu memaksa menyesuaikan instalasi dengan budget. The Real Jasa Grounding harus mengedepankan membantu memberikan solusi proteksi dengan dasar analisa yang kuat. 

Semoga informasi yang dibagikan oleh Jasa Grounding bermanfaat. Jasa Grounding setiap waktu selalu pintu terbuka lebar untuk diskusi siap membantu. Keputusan untuk mencegah lebih awal, sudah tidak perlu diragukan lagi apakah tepat atau tidak. 

Jasa Grounding Terbaik
Filuo Daya Selaras Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recommended West Papua Robusta Coffee

West Papua Robusta Coffee You Should Know Coffee is one of the main commodities for the agricultural sector in West Papua. Supported by the geographical conditions, rich fertility soil of mountain ranges, the quality of the coffee produced is unquestionable.  Dating back to the beginning of the 20th century, the coffee plantations were implemented in West Papua due to the influence of evangelists’ arrival. Since then, the plantation pattern has been developed and become the famous Papua Coffee Plantation.  West Papua Diary Arabica Coffee from West Papua is famous and even got the title as one of the best coffees in Indonesia, along with celebes’ Toraja, Aceh’s Gayo, West Java’s Malabar and Nusa Tenggara’s Flores. While West Papua has wonderful varieties of Arabica Coffee, they also have abundant Robusta Coffee varieties.  Robusta Coffee in West Papua is grown with a semi-forest grown technique (agroforestry). However, West Papuan Robusta Coffees generally grow naturally without much tr

Rekomendasi Pengacara Jakarta - HDP Lawyer

Himawan Dwiatmodjo dan Rekan - Pengacara Jakarta Terbaik Kantor Hukum “Himawan Dwiatmodjo, S.H., LL.M. & Partners” (HDPLawyer) adalah kantor advokat dan konsultan hukum yang berbasis pada keahlian, terdiri dari advokat / pengacara dan konsultan hukum yang mempunyai keahlian sebagai praktisi hukum baik di bidang hukum perdata, hukum pidana, dan lainnya. HDP Lawyer Komitmen Kami Partisipasi dalam penegakan hukum dan keadilan di Indonesia ; Tujuan utama penegakan hukum adalah untuk mewujudkan adanya rasa keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dalam masyarakat. Dalam proses tersebut, maka harus mencerminkan aspek kepastian dan ketertiban hukum. Penyelesaian dengan cara yang baik ; Kami membantu para pencari keadilan dengan cara yang baik dalam memperjuangkan hak-hak hukum sesuai dengan norma agama, etika kebiasaan dan hukum yang berlaku. Kami memperjuangkan setiap permasalahan hukum secara profesional dan proporsional. Kami juga menawarkan opsi-opsi penyelesaian perkara hukum, sehi

Recommended Extreme Food From West Papua

Recommended Extreme Food From West Papua West Papua is an Indonesian province that is home to a variety of extreme foods. One of the most interesting (and disgusting) is the Papuan Ant’s Nest. This dish is made from the nests of red ants, which are collected from the rainforest floor. West Papua Story The nests are then boiled in water and served with rice. While it may not look appetizing, this dish is considered a delicacy in West Papua. Understanding the Papuan Ant’s Nest The Papuan ant’s nest is a dish made from the nests of red ants, which are collected from the rainforest floor. The nests are then boiled in water and served with rice. While it may not look appetizing, this dish is considered a delicacy in West Papua. There are many different cultures on West Papua, and the dish is just one example of the extreme foods that can be found there. For some, eating insects is a way to show off their bravery and machismo. Others see it as a way to connect with nature. And for some, it’s